Pengertian dan Sejarah Internet
Internet adalah
jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal
batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai
jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari
titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node bisa berupa komputer,
jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung
antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media
komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun
satelit . Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan
komputer dan perangkat
interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk
mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.
Menurut Lani Sidharta (1996) :
QUOTE
walaupun secara fisik
Internet adalah interkoneksi antar jaringan komputer namun secara umum
Internet harus dipandang sebagai sumber daya informasi. Isi Internet
adalah informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu database atau
perpustakaan multimedia yang sangat besar dan lengkap. Bahkan Internet
dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain (maya) karena
hampir seluruh aspek kehidupan di dunia nyata ada di Internet seperti bisnis, hiburan, olah raga, politik dan lain sebagainya.
Drew Heywood (1996) menerangkan :
QUOTE
sejarah Internet
bermula pada akhir dekade 60-an saat United States Department of Defense
(DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi Internetworking. Yaitu
standar yang mampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan
komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah di
universitas. Jaringan ini harus kuat, aman dan tahan kerusakan sehingga
mampu beroperasi didalam kondisi minimum akibat bencana atau perang.
Tahun 1969 Advanced
Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian
jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching.
Jaringan pertama
dibangun menghubungkan 4 tempat yaitu : UCLA, UCSB, Utah dan SRI
International. Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkan lebih
dari 20
host dan disebut
sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi backbone Internetworking
institusi pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang
berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).
Tahun 1986 ARPANet
mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National
Science Foundation (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone
ARPANet menjadi backbone Internet komersial dan dikelola oleh Advanced
Network Service (ANS). Andrew S. Tanenbaum (1996) : andil besar dalam
perwujudan Internet adalah tergabungnya jaringan regional seperti SPAN
(jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM), EARN
(jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa Timur) dan ditambah
dengan sejumlah link
transatlantik yang beroperasi pada 64 Kbps – 2 Mbps pada tahun 1988.
Menurut Khoe Yao Tung (1997), jaringan pendukung Internet di seluruh dunia adalah :
QUOTE
Amerika didorong oleh
NFS – ANSNet dan CO+RE (jaringan non profit terbatas) yang bekerjasama
dengan Commercial Internet Exchange (CIX) serta Sprint (perusahaan
telekomunikasi umum) tahun 1990. Pengesahaan RUU NREN (National Research
and Education Network) oleh Kongres Amerika pada Desember 1991.
Ditambah 8 aliansi jaringan regional yang tergabung dalam
The Corporation for Regional an Enterprise Networking (CoREN) yaitu :
BARRNet, CICNet, MIDNet, EARNet, NorthWestNet, MYSERNet, SURANet dan WestNet.
CoREN bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi komersial MCI.
Kanada dengan jaringan backbone nasional CA*Net
Australian Academic and Research Network (AARNET)
The Europe Backbone (EBONE) dan The European UNIX Network (EUNet) dan RIPE organisasi jaringan e-mail Eropa
Jepang memiliki
Widely Integrated Distributed Environtment (WIDE), Today International
Science Network (TISN), Japan Academic Interuniversity Network (JAIN)
dan Japan UNIX Network (JUNET). Kebanyakan bekerjasama dengan jaringan
telekomunikasi komersial AT&T perwakilan Jepang yang disebut dengan
SPIN. Pelayanan lain yang bersifat internasional adalah InterCon
International KK (IIKK)
dan Internet Initiative Japan (IIJ) yang berasosiasi dengan WIDE untuk
menyediakan jaringan Internet dikawasan Asia, termasuk jaringan
penelitian dan pendidikan untuk kawasan Asia (disponsori oleh NEC, IIJ
dan WIDE) yang disebut AI3 (Asia Internet Interconnection Initiative)
yang mengembangkan teknologi satelit komunikasi Ku Band
Belakangan muncul
ABONE (Asia Backbone) yang didirikan oleh konsorsium negara-negara di
Asia seperti Jepang, Korea, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia dan
Hongkong. Interkoneksi dunia tersebut memakai jaringan serat optik
antar benua berkapasitas + 45 Mbps. (T3 +) dan jaringan satelit
telekomunikasi.
Protokol TCP / IP
Salah satu isu
terpenting di Internet adalah penerapan Standar Komputasi Terbuka (Open
Computing Standard). Karena Internetworking dan Internet
mengintegrasikan semua sistem, jenis dan tipe komputer yang ada di
dunia, maka harus ada standar yang menjamin komputer dapat saling
berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama. Menurut Drew Heywood
(1996) : standar bahasa komputer universal telah dikembangkan sejak
1969, terdiri dari serangkaian protokol komunikasi disebut Transfer
Control Protocol yang bertugas mengendalikan transmisi paket data,
koreksi
kesalahan dan kompresi
data dan Internet Protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier)
dan pengantar paket data ke alamat yang dituju.
Protokol TCP / IP
menyatukan bahasa dan kode berbagai komputer di dunia sehingga menjadi
standar utama jaringan komputer. TCP / IP berkembang cepat dan kaya
fasilitas karena bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan
kemampuan baru oleh siapapun dan gratis karena tidak dimiliki oleh
siapapun.
Menurut Khoe Yao Tung (1996), Drew Heywood (1996) dan Andrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama
QUOTE
protokol TCP/IP adalah :
File Transfer Protocol (FTP) yaitu fasilitas transfer file antar komputer
Surat elektronik
(E-mail) atau fasilitas surat menyurat antar komputer yang terdiri atas
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) sebagai dasar komunikasi email,
Multi Purpose Internet Mail Extensions (MIME) yaitu standar format biner
grafik, dan suara agar dapat ditransmisikan melalui e-mail, Post Office
Protocol (POP) yaitu sistem penerima e-mail, Network News Transfer
Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita, artikel dan diskusi melalui
e-mail
Emulasi terminal jarak
jauh (Telnet, Remote Login) yang memungkinkan suatu komputer (client)
untuk masuk dan mengendalikan host yang terletak jauh
darinya, misalnya pada
network yang lain atau di Internet Simple Network Management Protocol
(SMNP) yaitu protokol pengendalian peralatan network jarak jauh.
Drew Heywood (1996) menyebutkan :
QUOTE
fungsi utama itu masih
diikuti dengan fasilitas Domain Name System (DNS) yaitu metode penamaan
dan pengalamatan suatu network berdasarkan kelompoknya.
Sedang Andrew S. Tanenbaum (1996) memberi pengertian fungsi secara singkat :
QUOTE
aplikasi TCP / IP
menghasilkan 4 fasilitas penting E-mail, News, Remote Login dan Transfer
File. Semula tampilan Internet masih berupa teks murni, revolusi
terjadi
ketika WEB atau World Wide Web (WWW – tampilan grafis dan multimedia di Internet) diperkenalkan.
WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996)
: WEB adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan
universal, disebut Hypertext Markup Language (HTML). Karena berbasis
teks, HTML dikenali dan diterjemahkan segala jenis komputer dalam bentuk
tampilan informasi yang sama. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee,
ilmuwanEuropean Laboratory for Particle Physics (CERN – organisasi
penelitian 18 negara Eropa) di Geneva Swiss. Maret 1989 Tim
memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antar muka distribusi
informasi di Internet yang mampu menggabungkan
teks, grafik dan multimedia dengan metode navigasi menu pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa
kode pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML
seluruh sistem komputer yang saling berbeda dapat mengenali
format2 yang
ditampilkan dalam situs2 Internet tanpa perbedaan yang berarti, termasuk
didalamnya penampilan multimedia (grafik, suara dan citra video). HTML
berbasis teks yang
sangat sederhana dan praktis sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis
komputer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML mengandung
perintah2 teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar,
warna, suara, video, animasi dsb. serta link yang menghubungkan berbagai
topik. Dengan bentuk hypertext maka halaman Internet (Web Site – Kios
Internet) akan dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan
cantik. Dalam konsep hypertext ini pembacaan suatu dokumen tidak harus
urut namun bisa
meloncat antar topik bahkan di print maupun dicopy ke media penyimpan
lokal (harddisk misalnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai
mesin yang hanya bisa
mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks saja.
Perbedaannya hanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik,
animasi, video, suara dan warna.
Browser WEB
Atas bantuan National
Center for Supercomputing Applications (NCSA), Mei 1993 standar ini
diwujudkan dalam bentuk software yang disebut MOSAIC. MOSAIC adalah
browser pertama WEB dan diaplikasikan multiplatform UNIX, NeXT, Windows
dan Macintosh. Browser adalah program penterjemah HTML menjadi tampilan
WEB (teks, grafis dan multimedia) di layar komputer pemakai. Kreator
MOSAIC adalah Mark Andreesen, pada tahun 1994 bergabung dengan Jim Clark
yaitu salah seorang pendiri Silicon Graphics. Mereka kemudian membuat
browser WEB komersial pertama
yaitu Netscape
Navigator yang dengan segera menggeser popularitas MOSAIC. Hingga saat
ini Netscape adalah browser paling populer dan menjadi pelopor
dibidangnya.
WEB, Internet dan
Perkembangannya Januari 1992 pengguna Internet membentuk The Internet
Society yang mempromosikan Internet. Tahun 1994 CERN dan MIT membentuk
World Wide Web
Consortium (W3C)
sebagai otorita tunggal bagi pengembangan WEB serta berwenang menetapkan
berbagai standar di dalamnya. Awal dekade 90-an, WEB site (pusat
informasi berbasis HTML
di Internet) hanya berjumlah sekitar 50 buah URL (Uniform Resource
Locator – sistem pengalamatan kios informasi di Internet) dan hanya
berisi teks saja.
Menurut Andrew S. Tanenbaum (1996) :
QUOTE
akhir 1990 telah
berkembang menjadi 3 ribu jaringan dan 200 ribu komputer. Tahun 1992
host kesatu juta terhubung ke Internet dan tahun 1995 terdapat puluhan
backbone, ratusan jaringan menengah regional, puluhan ribu LAN, jutaan
host dan pengguna. Pertumbuhannya mencapa dua kali lipat setiap tahun
(data penelitian Paxton, 1996). Kini WEB adalah antar muka paling
populer di Internet yang mampu menampilkan tidak hanya teks namun juga
grafik (gambar, foto, animasi), suara, video dan dimensi virtual (3D).
Diperkirakan pada akhir 1998 telah lebih dari 10 juta WEB site dibangun
oleh institusi pendidikan, bisnis, pemerintahan, media massa, hiburan,
militer dan sebagainya dengan pengguna lebih dari 100 juta.
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:17 PM
2. INTRANET
Pengertian dan Keunggulan
Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995.
Khoe Yao Tung (1997) mengatakan :
QUOTE
Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan
berInternet dalam
lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga
memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet
lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet. Kompatibilitas
Intranet (sebagaimana Internet) sangat tinggi terhadap sistem
lainnya sehingga mudah
diterapkan, dipelajari, dikembangkan dan dikonfigurasi ulang. Dukungan
aplikasi, program dan sistem operasi yang luas akibat dari popularitas
Internet menjadikan Intranet sebagai masa depan LAN.
Keistimewaan fasilitas Intranet yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
Tampilan WEB (grafis, multimedia) pada sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya
Fasilitas standar
Internet : surat elektronik (E-mail), transfer file (FTP), emulasi
terminal jarak jauh (Telnet, Rlogin), pengendalian peralatan network
jarak jauh (SMNP) Aplikasi Internet yang kaya seperti search engine,
mailing list, newsgroup, archie, gopher, wais dan sebagainya
Script programming universal Common Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C dan Java yang mendukung operasi database
Dukungan integrasi database dan kompatibilitas dengan perangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro, SQL maupun Oracle
Teknologi LAN seperti
manajemen database, sistem terdistribusi, client server, sharing
resource and peripheral tetap dipertahankan.
Salah satu hal terpenting dalam Internet / Intranet adalah keamanan jaringan (network security).
Isu ini sensitif
mengingat jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum
(public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan
penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan
canggih terus dikembangkan seperti firewall, enkripsi, encapsulated data
packet, id recognition dan sebagainya, sehingga menjadi kelebihan
tersendiri ketika diterapkan dalam Intranet. Berbeda dengan LAN yang
menggunakan jaringan komunikasi terproteksi (VPN – virtual private
network) sehingga keamanannya relatif lebih terjaga sehingga cukup
memakai teknologi enkripsi saja. Terminologi yang lebih berkembang dari
Intranet adalah teknologi Extranet
yang memiliki pengertian suatu jaringan Intranet yang dapat diakses dari luar baik melalui VPN maupun media komunikasi umum.
Internet Service Provider (ISP)
Koneksi langsung ke
Internet akan memakan biaya yang sangat tinggi yang tidak mungkin
ditanggung oleh pengguna perorangan. Solusinya didirikanlah perusahaan
penyedia jasa yang membangun infrastruktur koneksi ke Internet (diluar
sistem telepon) dan kemudian membagi kapasitas yang dimilikinya kepada
pelanggan. Dengan demikian biaya koneksi akan menjadi ringan karena
ditanggung bersama oleh sejumlah pelanggan melalui registrasi dan iuran
(biasanya berlangganan per bulan) kecuali biaya pulsa ditanggung sendiri
oleh masing2 pengguna.
ISP selain
memperoleh keuntungan dari pungutan iuran kepada anggota, biasanya juga
menjual jasa yang lain seperti layanan Virtual Private Networking (VPN –
saluran WAN khusus intern perusahaan melalui Internet), koneksi
dedicated (24 jam), pembuatan dan hosting (penempatan) situs Internet,
konsultan jaringan komputer bahkan ada yang berjualan komputer. Sebagai
organisasi komersial ISP haruslah berbentuk badan usaha yang sah menurut
hukum yang berlaku. ISP juga harus terdaftar dalam lembaga Internet
internasional serta memiliki alokasi IP address (alamat Internet) yang
diatur oleh Internet Address Network Authority (IANA) dan memiliki
domain yang terdaftar dan diakui komunitas Internet. Di Indonesia ISP
mempunyai wadah yang disebut dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Beberapa kriteria umum untuk mengetahui kehandalan provider di Indonesia :
Dari sisi pelanggan
perlu diketahui berapa banyak data dapat dipindahkan antara 2 titik
dalam 1 detik ? Ini adalah ide dasar bagi standar laju transfer data
yang dinyatakan dalam satuan Bit Per Second (detik) (Bps.). Semakin
besar nilai Bps, maka semakin cepat data dipertukarkan, satuan ini
dibakukan sebagai standar kecepatan modem
Umumnya ISP memakai
modem 28.8, 33.6 atau 56 Kbps. walaupun kinerja jaringan telekomunikasi
publik (telepon) masih berkisar antara 9.6 Kbps. hingga 28.8 (Kbps.).
Kecuali mempergunakan saluran digital khusus ISDN yang masih mahal
tarifnya. Pergunakanlah modem dengan kecepatan yang sama atau lebih
tinggi dari milik ISP karena kecepatan transmisi data biasanya mengikuti
standar kecepatan
terendah untuh
menghindari kesalahan. Namun fasiltas teknologi kompresi data yang
dimiliki modem biasanya mampu meningkatkan laju transfer data.
Perhatikan pula rasio jumlah sambungan telepon yang dimiliki ISP dengan
jumlah pelanggannya (normalnya maksimal 1 saluran untuk 10 pelanggan)
Perhatikan Bandwidth yang dimiliki ISP.
Bandwidth adalah lebar pita saluran yang dapat dilewati data pada saat yang sama, dapat dianalogikan dengan ‘berapa
lebar jalan yang akan
dilewati mobil’. Bandwidth berkaitan dengan pertanyaaan ‘berapa banyak
data ditransmisikan dalam satu saluran pada satu saat ?’. Semakin besar
bandwidth yang dimiliki maka semakin banyak data dapat ditransmisikan
serta semakin banyak orang dapat memakai saluran yang sama tanpa
berkurang kecepatan aksesnya
Saat ini ISP di
Indonesia yang terbesar bandwidthnya sekitar 3 Mb, semakin kecil akan
buruk kinerjanya dan ini berbanding lurus dengan jumlah pelanggan serta
rata2 pemakaian saluran setiap saat. Jumlah pelanggan yang melebihi
rasio bandwidth dan terjadinya beban puncak mengakibatkan browsing
menjadi lambat dan mungkin beberapa service yang bandwidth intensive
akan mengalami kegagalan (FTP dan Chat misalnya)
Apakah ISP anda mempunyai server proxy ?
Proxy adalah server khusus yang bertugas sebagai cache bagi pelanggan ISP.
Server proxy adalah sebuah indeksalamat2 (host) vaforit berikut isinya yang sering dikunjungi oleh masing2 pelanggan.
Proxy berguna sebagai
akselerator akses disaat jaringan (baik ISP maupun host tujuan) berada
pada beban puncak (peak). Sekaligus menghemat bandwidth yang dimiliki
ISP karena dengan bantuan proxy server maka pengguna tidak perlu
melakukan koneksi keluar untuk melihat isi host favoritnya
Apakah ISP anda mempunyai backbone sendiri ?
Backbone adalah saluran
koneksi utama yang menghubungkan jaringan ISP dan Internet. Kebanyakan
ISP di Indonesia menyewa backbone dari pihak ketiga karena membangun
backbone sendiri membutuhkan teknologi yang berat dan dana yang sangat
besar. Semula ISP memiliki
(menyewa) backbone
sendiri, namun kini 1 backbone bisa dipakai oleh banyak ISP karena
krisis ekonomi (fluktuasi nilai tukar mata uang – tarif backbone dalam
US$).
Sebagai contoh 13
ISP nasional harus membangun konsorsium dan menyewa backbone 2 Mbps
milik TelkomNet, akibatnya kinerja masing2 rendah karena harus berbagi
pakai dengan pengguna backbone (ISP) lainnya. Padahal sebelumnya setiap
ISP memiliki backbone sendiri rata2 minimal sebesar 512 Kbps hingga 3
Mbps
Apakah setiap
transaksi di Internet aman dari pembajakan, apakah ISP memiliki
mekanisme pengaman ? Hampir setiap host di Internet menerapkan metode
Firewall yaitu suatu cara verifikasi identitas berdasarkan pengenalan
kode sistem yang masuk. Setiap pengguna memiliki kode sistem yang khas
baik itu alamat (IP address) node (titik dimana komputer terhubung),
nama user, password, sistem yang dipakai
dan sebagainya masing2
secara unik. Firewall bekerja secara software dan hardware sekaligus
sehingga memperkecil kemungkinan sistem keamanan ini ditembus. Dengan
firewall dapat diketahui setiap koneksi yang tidak sah baik itu dari
luar sistem maupun dari dalam sistem yang dimiliki ISP
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:26 PM
Mekanisme pengaman
kedua di Internet adalah metode enkripsi dimana masukan data yang
penting dan rahasia diubah dalam suatu algoritma tersandi dengan kunci
tertentu yang saling berbeda satu sama lain di setiap transmisi dan
transaksi koneksi.
Dengan enkripsi maka
kegiatan berbelanja di Internet menjadi aman karena setiap data yang
dimasukkan (misalnya nomor kartu kredit) ditransmisikan dalam bentuk
yang tidak dapat dikenali oleh siapapun kecuali sistem penerima.
Sehingga walaupun data tersebut dibajak di tengah jalan, tetap tidak
akan dapat diketahui isinya kecuali si pembajak mampu membongkar kunci
algoritma penyandinya. Kegiatan perusakan,
pembajakan, penyadapan,
penyusupan illegal dan cenderung negatif semacam inilah yang disebut
Phreaking dan Cracking, pelakunya disebut Phreaker dan Cracker.
Sedangkan yang
dimaksud dengan Hacking pelakunya disebut Hacker adalah kegiatan
membangun, menganalisa, membongkar kelemahan dan memperbaiki sistem
komputer, termasuk didalamnya kegiatan Phreaking dan Cracking namun
untuk tujuan mempelajari suatu sistem.
4. Peralatan Standar Apa yang Perlu Dimiliki
Internet dapat diakses
siapapun melalui segala jenis komputer seperti Mac, PC, Notebook,
Palmtop, Mini komputer yang menjalankan sistem UNIX, DOS, Windows, OS2
atau System Mac. Karena jenis komputer yang paling populer adalah PC
dengan sistem Windows maka referensi ini berdasarkan kriteria PC, sistem
lain mengikuti standar yang setara dengannya.
CPU 486 16 Mb. plus
Harddisk 1 Gb. dan modem 28.8 Kbps. telah cukup cukup memenuhi syarat
minimal untuk memakai Internet secara lengkap. Perangkat yang lebih baik
dan lengkap akan banyak membantu terutama dalam hal kecepatan proses.
Processor sekelas
Pentium generasi terbaru, RAM diatas 32 Mb., chipset teknologi terakhir ,
monitor layar lebar, multimedia dan modem 33.6 Kbps. – 56 Kbps yang
mendukung berbagai standar transmisi data serta koreksi kesalahan adalah
pilihan
terbaik.
5. Software Standar Apa yang Perlu ?
Umumnya pengguna di Indonesia familier dengan komputer jenis PC dengan
perangkat lunak yang bekerja di platform DOS dan Windows.
Sistem Operasi : Varian Ms Windows, NT, IBM OS2, LINUX / UNIX
Browser : Firefox, Opera, Internet Explorer , Netscape, Safari, atau yg lainnya
Utility lain : FTP,
Telnet, Finger, IRC, Mail + News Reader dan sebagainya Anti Virus yang
bisa bekerja menangkal serangan dari Internet.
Kalau berminat mendalami HTML perlu ditambahkan lagi :
Editor HTML : IE dan
Netscape telah memiliki editor HTML grafis yang WYSIWYG (seperti Front
Page dan Composer), demikian juga yang dari pihak ketiga seperti
Dreamweaver (Macromedia) dan PageMill (Adobe). Namun editor HTML
konvensional seperti HTML Editor, HTML Writer, Hotdog maupun HoTMetaL
tetap diperlukan untuk beberapa alasan
Editor Grafis : Corel Suite, Adobe PhotoShop berikut plug in seperti filter KPT
Animasi Grafis : GIF Construction Kit dari Alchemy Works, Macromedia Flash atau yang lainnya
Image Map : Paint Shop Pro, Map Editor atau yang lainnya
Sistem FTP : Untuk transfer file ke host WEB antara lain FTP32 LE, FTP Explorer
Koleksi animasi GIF, gambar teksture dan background akan mempercepat mempercantik dan mempermudah pekerjaan.
Seluruh software ini bisa didapatkan dengan mudah di toko software dalam format
Pengertian Utility Lain
Browser adalah software
navigasi yang berfungsi sebagai penunjuk dan penuntun sekaligus
menampilkan apa yang dijumpai di Internet bagi pengguna.
Finger adalah fasilitas pencari identitas suatu alamat di Internet
Telnet adalah suatu
fasilitas yang memungkinkan seseorang menghubungi dan menggunakan
komputer yang berada di tempat lain (remote) melalui Internet
FTP (File Transfer
Protocol) adalah suatu protokol yang menjembatani pertukaran file antara
dua sistem di Internet. Software yang populer adalah FTP32 LE
IRC (Internet Relay
Chat) populer disebut Chating adalah suatu media diskusi on line
(langsung) atas topik tertentu diantara sekelompok pengguna Internet.
Software yang bisa dipakai untuk kegiatan ini misalnya MiRC32
Mail Client + News
Reader yaitu software pembaca mail dan news apabila anda memakai
fasilitas e-mail, berlangganan majalah elektronik, mailing list dan
usenet /news.
6. Bagaimana Setiap Sistem di Internet Dapat Saling Mengenali ?
Sistem di Internet
dapat saling mengenali berkat adanya berbagai protokol transfer data dan
sistem pengalamatan yang unik untuk masing2 node dan berbeda satu sama
lain.
Macam2 protokol ini adalah :
HTTP (Hypertext
Transfer Protocol) adalah protokol utama WEB yang mengatur tata cara
yang harus dipakai oleh Browser untuk mengambil dokumen WEB dalam format
HTML
FTP (File Transfer
Protocol) yaitu protokol yang mengatur tata cara transfer file dalam
bentuk biner dan teks antara dua node Internet
Gopher yaitu protokol yang dirancang untuk mengakses sistem gopher (suatu server dengan sistem menu) atau melalui Telnet
Telnet adalah protokol untuk melakukan remote access melalui Internet antara 2 node yang terpisah jauh
NNTP (Network News Transfer Protocol) adalah protokol yang mendistribusikan berita di Usenet yang sering disebut sebagai News
SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) adalah protokol untuk pengiriman e-mail
POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk menerima, mengenali dan menyimpan e-mail
Dan sejumlah protokol lain yang bertambah sesuai perkembangan teknologi Internet.
Seluruh protokol ini
dapat mengetahui lokasi suatu informasi berkat adanya metode
pengalamatan di Internet yang disebut URL (Universal Resource Locator).
Formatnya adalah sebagai berikut :
CODE
protokol_transfer://nama_host/path/nama_file
contohnya :
CODE
(http) protokol
transfer yang dipakai, (www) menunjukkan host tersebut mendukung WEB,
(bluefame) adalah nama host yang dituju, (com) adalah nama top domain,
(music) adalah path yang dicari dan (index.html) adalah dokumen yang
akan ditampilkan oleh browser dalam format HTML.
Selain itu sistem
pengenal dan penamaan di Internet mengikuti suatu standar pengkategorian
yang disebut Domain Name System (DNS). Dengan DNS setiap nama di
Internet harus mengikuti kategori domain yang sudah ditentukan agar bisa
dikenali. Untuk memperoleh domain name seseorang atau suatu lembaga
harus terlebih dahulu mempunyai alokasi IP address dari IANA atau ISP,
memiliki mesin / server DNS sendiri atau terdaftar di salah satu mesin
DNS dan kemudian mendaftar ke lembaga pengelola fasilitas domain
registration baik Internasional maupun lokal.
Contoh kategori domain adalah :
com (organisasi komersial), edu (pendidikan), gov(pemerintahan), org (organisasi umum), mil (militer).
Semua ini adalah
standar top domain internasional yang harus diregistrasikan ke sebuah
lembaga yang disebut INTERNIC. Sedangkan masing2 negara punya lembaga
registrasi domain dan punya alokasi top domain masing2 misalnya au
(Australia), jp (Jepang), sg (Singapura), my
(Malaysia) dst. Di
Indonesia (id) registrasinya melalui IDNIC yang menyelenggarakan
fasilitas DNS untuk top domain co.id, or.id, go.id, mil.id, ac.id dan
net.id
Mengapa kita memerlukan DNS ?
Dalam transmisi data
ada istilah resolving address yaitu suatu proses penerjemahan domain
name dan URL ke alamat IP. Secara elektronik mesin berkomunikasi dan
saling mengenali melalui alamat node (IP address), sedangkan manusia
sulit untuk menghapal alamat numerik (angka), lebih
mudah mengingat dan menghapal identitas URL atau nama domain. Maka apabila anda mengetikkan URL http://arema.cjb.net maka sesungguhnya komputer anda menanyakan alamat IP dari host dan domain tersebut ke mesin / server DNS.
Selanjutnya DNS server akan melakukan resolving name dan address sehingga komputer anda dapat menghubungi host yang dimaksud.
7. Bagaimana E-Mail dan Service Internet Lainnya Bekerja ?
E-mail
Sistem mail Internet
bekerja sebagaimana kotak surat biasa, namun bedanya surat dikirim dalam
bentuk dokumen dan didistribusikan secara elektronik sehingga disebut
E-mail. Kelebihan e-mail adalah kecepatan, jarak ribuan mil hanya akan
ditempuh selama beberapa detik (hampir seketika) sedang dengan jasa pos
bisa memakan waktu berminggu-minggu. Setiap kotak surat memiliki pemilik
(bisa perorangan,
organisasi) dan alamat yang jelas, unik dan berbeda satu sama lain sehingga bisa dipakai sebagai penunjuk identitas.
Format pengalamatan mail mengikuti standar sebagai berikut :
identitas_pemilik@nama_host misalnya dna3dc@mlg.ywcn.or.id
(dna3dc) menunjukkan identitas pemilik alamat kotak surat (mail box),
(@) menunjukkan bahwa format pengalamatan ini khusus untuk e-mail,
(mlg) lokasi geografis host (Kota Malang),
(ywcn) nama host, (or)
menunjukkan identitas domain host ywcn yaitu organisasi umum, (id)
identitas top domain host yaitu berada di negara
Indonesia.
Secara umum format ini mirip URL dan tetap mengikuti standar DNS.
Protokol yang
menentukan distribusi mail di Internet disebut Simple Mail Transfer
Protocol (SMTP) yang berbasis kode ASCII. Format mail dalam kode ASCII
dipergunakan khusus untuk dokumen mail yang berupa teks. Untuk transfer
dokumen mail dalam bentuk grafis digunakan format biner dan
mempergunakan protokol khusus yang disebut Multipurpose Internet Mail
Extension (MIME).
Protokol yang
dipakai untuk menerima mail disebut dengan Post Office protocol (POP).
Protokol ini yang mendefinisikan bagaimana sebuah mail dalam berbagai
bentuk (asal dalam format SMTP) diterjemahkan dan diterima oleh sistem
yang dimiliki user.
Dengan kata lain SMTP adalah gerbang untuk mengirim mail dan sebaliknya POP adalah gerbang untuk menerima mail.
sankdëшa
Jul 20 2008, 02:34 PM
Usenet / News
Di Internet ada suatu
banyak tempat yang menyediakan suatu kelompok diskusi yang disebut
Usenet. Di dalamnya ditampilkan berbagai atikel yang disebut News dalam
berbagai topik dan kategori yang disebut Newsgroup. Setiap pengguna
Internet dapat mengikuti (berlangganan) diskusi di Usenet secara gratis.
Peserta usenet
dimungkinkan untuk membuka suatu topik baru maupun menutup / tidak
mengikuti suatu group diskusi secara bebas karena usenet tidak memiliki
pengelola khusus.
Untuk mengakses
server usenet diperlukan suatu software khusus yang disebut news reader.
Setiap topik memiliki alamat khusus yang terdaftar di news server
misalnya
alt.culture.indonesia
Mailing List
(Milis) mirip dengan Usenet namun hanya membahas satu topik yang
spesifik dan biasanya dikelola oleh suatu institusi. Dengan berlangganan
milis sesorang dapat memperoleh berbagai informasi, artikel dan diskusi
melalui mail yang rutin dikirimkan oleh penyelenggara. Milis mempunyai
sejumlah aturan yang disepakati bersama menyangkut tata cara penulisan
dan pengiriman serta isi materi
artikel / diskusi sedangkan di usenet hal aturan ini mungkin tidak berlaku.
Berlangganan milis
tidak diperlukan software khusus kecuali harus memiliki alamat email
karena artikel2 langsung dikirim ke alamat e-mail.
SPAM adalah aneka
informasi yang tidak berguna (sampah) yang dikirimkan oleh berbagai
pihak ke alamat e-mail anda. Umumnya SPAM berisi iklan komersial namun
tidak sedikit yang berisi humor, sumpah serapah, pornografi, ajakan dan
pesan konyol serta berbagai isu serius namun tak memiliki hubungan
apapun dengan kepentingan dan minat anda di Internet.
SPAM bisa pula terjadi akibat ulah serangan ilegal seseorang yang disebut dengan mail bombing dimana pelaku mengirimkan surat
dalam jumlah yang banyak atau berukuran besar dengan tujuan memenuhi mailbox anda atau membuat macet mail server.
SPAM muncul apabila
kita kurang berhati2 dalam bertransaksi di Internet sehingga alamat
mail kita dapat diketahui oleh penyelenggara layanan iklan komersial.
Salah satu cara untuk menghindari SPAM adalah memasang suatu software
yang bertindak
sebagai filter atas
mail yang masuk ke alamat anda. ISP biasanya menyediakan fasilitas ini
dan tidak sembarangan memakai alamat e-mail sebagai identitas.
Service
Layanan di Internet
lazim disebut sebagai service, secara fisik dilakukan oleh mesin yang
disebut server atau disebut juga sebagai host melalui perantaraan
protokol.
Suatu server identik namanya dengan service dan protokol yang dijalankan.
Misalnya WEB Server, service disebut WEB dan protokolnya disebut http, FTP Server servicenya
disebut FTP dan protokolnya disebut ftp.
Demikian juga yang lainnya. Karena nama host, sebutan service dan protokol seringkali sama / serupa maka harus dicemati
dalam konteks apa istilah tersebut dipakai.
8. Search Engine
Internet adalah rimba
belantara informasi, siapapun bisa tersesat didalamnya. Sering pengguna
intenet tidak menyadari bahwa dirinya berada dalam suatu tempat yang
tidak memberikan manfaat atau tidak menemukan apa yang dicarinya sesuai
dengan
minat dan tujuan berInternet. Masalah ini muncul akibat ketidaktahuan, “hendak ke mana ?” adalah pertanyaan yang umum.
Dalam kasus ini
Search Engine bisa menjadi solusi yang tepat. Sebuah search engine
adalah host yang berisi koleksi daftar alamat Internet yang telah ditata
sedemikian rupa menurut indeks dan kategori topik tertentu. Pemakai
layanan ini dapat mencari alamat, topik dan informasi yang diinginkannya
di seluruh Internet hanya dalam waktu beberapa saat saja. Syaratnya
hanya mengisikan sebuah atau beberapa kata, frasa maupun kalimat kunci
(keyword) mengenai informasi yang dicarinya tersebut.
Hal ini
dimungkinkan karena search engine memiliki features atau fasilitas
pencarian berdasarkan kesesuaian kata kunci yang dimasukkan terhadap
data base yang dimilikinya baik itu sesuai seluruhnya, sebagian maupun
tidak sesuai. Features ini dapat berperan berkat adanya operator logika
dalam metode digital yang berbentuk pemisahan kriteria atas batasan
“dan” “atau” “sama dengan” “tidak sama dengan”
serta “benar” “salah”.
Penentuan sikap dan
tujuan sebelum melakukan koneksi Internet adalah patokan perilaku yang
harus selalu diingat. Kebijaksanaan akan mencegah anda tersesat atau
membuang sumber daya (waktu, tenaga, uang, pulsa) secara percuma atau
untuk hal2 yang kurang bermanfaat. Tentukan terlebih dahulu tujuan anda
berInternet, cari informasi dari teman, buku, majalah atau media lain di
mana alamat yang
berhubungan, fokuskan
pencarian pada topik dan informasi yang anda inginkan dan eprgunakan
search engine untuk memaksimalkan pencarian.
Sumber : http://xenixmorningcalm.wordpress.com/2008/09/26/pengertian-dan-sejarah-internet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar